Sistem Informasi Penelusuran Perkara
PENGADILAN NEGERI SITUBONDO
INFORMASI DETAIL PERKARA



Nomor Perkara Penuntut Umum Terdakwa Status Perkara
34/Pid.Sus/2022/PN Sit Agus Widiyono, S.H., M.H. Mukhamad bin Sira Minutasi
Tanggal Pendaftaran Selasa, 01 Mar. 2022
Klasifikasi Perkara Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan
Nomor Perkara 34/Pid.Sus/2022/PN Sit
Tanggal Surat Pelimpahan Selasa, 01 Mar. 2022
Nomor Surat Pelimpahan B-244/M.5.40/Eku.2/03/2022
Penuntut Umum
NoNama
1Agus Widiyono, S.H., M.H.
Terdakwa
NoNamaPenahanan
1Mukhamad bin Sira[Penahanan]
Penasihat Hukum Terdakwa
Anak Korban
Dakwaan

KESATU:

----- Bahwa Terdakwa MUKHAMAD bin SIRA pada hari Kamis tanggal 09 Desember 2021 sekitar pukul 07.18 WIB atau setidak-tidaknya pada waktu lain di bulan Desember 2021 bertempat di Perairan Selat Madura (WPP-NRI 712) pada posisi koordinat 07'35.309’ LS - 113'09.860’ BT atau setidak-tidaknya pada suatu tempat yang masih termasuk daerah hukum Pengadilan Negeri Situbondo berwenang mengadili, Nakhoda kapal perikanan yang tidak memiliki persetujuan berlayar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 42 ayat (3) “Setiap kapal perikanan yang akan berlayar melakukan penangkapan ikan dan/atau pengangkutan ikan dari pelabuhan perikanan wajib memiliki persetujuan berlayar yang dikeluarkan oleh syahbandar di pelabuhan perikanan”, dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Berawal pada hari Selasa tanggal 07 Desember 2021 sekitar pukul 01.00 WIB Terdakwa MUKHAMAD bin SIRA selaku Nahkoda KM. MAJU JAYA bersama 8 (delapan) Anak Buah Kapal (ABK) lainnya yang salah satunya bernama Saksi BADRUS SALAM berlayar dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo menuju perairan selat Madura dengan tujuan menangkap ikan menggunakan KM. MAJU JAYA dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan, setelah tiba di lokasi penangkapan ikan Terdakwa MUKHAMAD bin SIRA selaku Nahkoda bersama Anak Buah Kapal (ABK) KM. MAJU JAYA telah sepuluh kali menebar jaring dan telah mendapatkan hasil tangkapan ikan sebanyak sekitar 100 kg dengan jenis ikan campur diantaranya ikan Kurisi, ikan Jenggelek dan ikan Mangla;
  • Bahwa Terdakwa MUKHAMAD bin SIRA selaku Nahkoda KM. MAJU JAYA sebelum berangkat menangkap ikan tidak mengurus Surat Persetujuan Berlayar (SPB) ke Kantor Syahbandar di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Probolinggo sebagai syarat untuk penilaian terhadap kelaiklautan kapal, kelaiktangkapan, dan kelaiksimpanan KM. MAJU JAYA;
  • Bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2O2I tentang Penyelenggaraan Bidang Kelautan dan Perikanan, Pasal 1 angka 86 “Persetujuan Berlayar adalah dokumen negara yang dikeluarkan oleh Syahbandar di Pelabuhan Perikanan kepada setiap Kapal Perikanan yang akan berlayar meninggalkan Pelabuhan Perikanan dan pelabuhan lain yang ditunjuk setelah Kapal Perikanan telah memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal, kelaiktangkapan, dan kelaiksimpanan;
  • Kemudian Saksi SURONO dan Saksi SUBHAN HAFANDY yang sedang berada KP. HIU 04 sedang melaksanakan kegiatan patroli pengawasan SDKP di WPP-NRI 712/Laut Jawa berhasil mendeteksi kapal yang teridentifikasi secara visual merupakan kapal ikan yang sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan, kemudian KP. HIU 04 mendekati KM. MAJU JAYA dan melakukan pemeriksaan dokumen pelayaran dan diketahui bahwa KM. MAJU JAYA ketika berlayar untuk melakukan penangkapan ikan tidak memiliki Surat Persetujuan Berlayar (SPB) yang dikeluarkan oleh syahbandar di pelabuhan perikanan sehingga KM. MAJU JAYA diamankan ke pelabuhan terdekat yaitu Pelabuhan Umum Kalbut Situbondo untuk proses hukum lebih lanjut;
  • Bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 58/PERMEN-KP/2020 tentang Usaha Perikanan Tangkap, Pasal 136 ayat (1) “Setiap Kapal Perikanan yang akan melakukan kegiatan
    Penangkapan Ikan dan Pengangkutan Ikan wajib membawa dokumen Usaha Perikanan Tangkap yang
    terdiri atas Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI)/ Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI) yang masih berlaku, Surat Laik Operasi (SLO) asli dan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) asli”
  • Bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2021 Tentang Log Book Penangkapan Ikan, Pemantauan di atas Kapal Penangkap Ikan dan Kapal Pengangkut Ikan, Inspeksi, Pengujian, dan Penandaan Kapal Perikanan, serta Tata Kelola Pengawakan Kapal Perikanan, Pasal 1 angka 53 “Nakhoda Kapal Perikanan yang selanjutnya disebut Nakhoda adalah seorang dari Awak Kapal Perikanan yang menjadi pemimpin tertinggi di Kapal Perikanan dalam pelayaran dan operasi Penangkapan lkan”

----- Perbuatan Terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana Pasal 98 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan jo. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2O2O tentang Cipta Kerja.

ATAU

KEDUA:

----- Bahwa Terdakwa MUKHAMAD bin SIRA pada hari Kamis tanggal 09 Desember 2021 sekitar pukul 07.18 WIB atau setidak-tidaknya pada waktu lain di bulan Desember 2021 bertempat di Perairan Selat Madura (WPP-NRI 712) pada posisi koordinat 07'35.309’ LS - 113'09.860’ BT atau setidak-tidaknya pada suatu tempat yang masih termasuk daerah hukum Pengadilan Negeri Situbondo berwenang mengadili, Setiap orang yang melanggar ketentuan yang ditetapkan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (2) huruf a “Setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan pengelolaan perikanan wajib mematuhi ketentuan mengenai jenis, jumlah, dan ukuran alat penangkapan ikan”, dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Berawal pada hari Selasa tanggal 07 Desember 2021 sekitar pukul 01.00 WIB Terdakwa MUKHAMAD bin SIRA selaku Nahkoda KM. MAJU JAYA bersama beberapa Anak Buah Kapal (ABK) lainnya yang salah satunya bernama Saksi BADRUS SALAM berlayar dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo menuju perairan selat Madura dengan tujuan menangkap ikan menggunakan KM. MAJU JAYA dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan, setelah tiba di lokasi penangkapan ikan Terdakwa MUKHAMAD bin SIRA selaku Nahkoda bersama Anak Buah Kapal (ABK) KM. MAJU JAYA telah sepuluh kali menebar jaring dan telah mendapatkan hasil tangkapan ikan sebanyak sekitar 100 kg dengan jenis ikan campur diantaranya ikan Kurisi, ikan Jenggelek dan ikan Mangla;
  • Kemudian Saksi SURONO dan Saksi SUBHAN HAFANDY yang sedang berada KP. HIU 04 sedang melaksanakan kegiatan patroli pengawasan SDKP di WPP-NRI 712/Laut Jawa berhasil mendeteksi kapal yang teridentifikasi secara visual merupakan kapal ikan yang sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan, kemudian KP. HIU 04 mendekati KM. MAJU JAYA dan melakukan pemeriksaan terhadap alat tangkap ikan yang digunakan oleh KM. MAJU JAYA dan diperoleh hasil bahwa alat tangkap ikan yang ada di KM. MAJU JAYA berjenis Jaring Jonggrang atau Jaring Tarik Berkantong yang memiliki komponen terdiri dari tali selambar, tali ris atas, tali ris bawah dan berkantong, setelah dilakukan pengukuran terhadap ukuran mata jaring bagian kantong diperoleh hasil sebesar 0,5 (nol koma lima) inchi;
  • Bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2021 tentang
    Penempatan Alat Penangkapan Ikan dan Alat Bantu Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara
    Republik Indonesia dan Laut Lepas serta Penataan Andon Penangkapan Ikan, Jaring Tarik Berkantong (SV-JTK) adalah jaring tarik yang menggunakan square mesh pada seluruh bagian kantongnya dan pengoperasiannya menggunakan tali selambar di dasar perairan dengan melingkari ikan demersal, kemudian menarik dan diangkat ke kapal yang sedang berhenti/berlabuh.
  • Bahwa Jaring tarik berkantong merupakan Alat Penagkap Ikan yang bersifat aktif dan dioperasikan dengan menggunakan:
  1. berbentuk persegi (square mesh), panjang Tali Ris Atas kurang dari 40 (kurang dari atau sama dengan empat
    puluh) meter, dan panjang tali selambar kurang dari 300 (kurang dari atau sama dengan tiga ratus) meter
    untuk setiap sisi, dan kapal motor berukuran lebih 5 (lebih dari lima) gross tonnage sampai dengan 10
    (sepuluh) gross tonnage pada Jalur Penangkapan Ikan II di WPPNRI 712;
  2. ukuran mata jaring kantong lebih dari 2 (lebih dari atau sama dengan dua) inci menggunakan mata jaring
    berbentuk persegi (square mesh), panjang Tali Ris Atas kurang 60 (kurang dari atau sama dengan enam
    puluh) meter, dan panjang tali selambar kurang dari 900 (kurang dari atau sama dengan sembilan ratus) meter untuk setiap sisi, dan kapal motor berukuran lebih10 (lebih dari sepuluh puluh) gross tonnage sampai dengan 30 (tiga puluh) gross tonnage pada Jalur Penangkapan Ikan II dan Jalur Penangkapan Ikan III di WPPNRI 712; dan
  3. ukuran mata jaring kantong lebih dari 2 (lebih dari atau sama dengan dua) inci menggunakan mata jaring
    berbentuk persegi (square mesh), panjang Tali Ris Atas kurang dari 90 (kurang dari atau sama dengan Sembilan puluh) meter, dan panjang tali selambar kurang dari 900 (kurang dari atau sama dengan sembilan ratus)
    meter untuk setiap sisi, dan kapal motor berukuran lebih 30 (lebih dari tiga puluh) gross
    tonnage
    pada Jalur Penangkapan Ikan III di WPPNRI 711 diatas 30 (tiga puluh) mil laut dan
    WPPNRI 712.

----- Perbuatan Terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana Pasal 100 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan jo. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Undang-undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan jo. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2O2O tentang Cipta Kerja.

Pihak Dipublikasikan Ya